Sub Bagian Umum Perlengkapan dan Keuangan


 

TUPOKSI :

Kepala Sub Bagian Umum Perlengkapan dan Keuangan dipimpin oleh seorang kepala yang mempunyai tugas pokok membantu Sekretaris dalam melaksanakan kegiatan surat menyurat, kearsipan, rumah tangga, perlengkapan serta Umum Perlengkapan dan Keuangan dan Keuangan di lingkungan dinas, yang dijabarkan ke dalam 54 (lima puluh empat) fungsi, yaitu:

  1. Menyusun perencanaan Umum Perlengkapan dan Keuangan;
  2. Menyelenggarakan Umum Perlengkapan dan Keuangan;
  3. Pembinaan, pengendalian, pengkoordinasian, pengawasan dan pengaturan administrasi ,Umum Perlengkapan dan Keuangan;
  4. Merencanakan kegiatan Subbagian Umum Perlengkapan dan Keuangan berdasarkan kegiatan tahun sebelumnya serta sumber data yang ada sebagai bahan untuk melaksanakan kegiatan sesuai dengan peraturan yang telah ditetapkan;
  5. Membagi tugas atau kegiatan kepada para bawahan di lingkungan subbagian Umum Perlengkapan dan Keuangan dengan memberikan arahan, baik secara tertulis maupun secara lisan sesuai dengan permasalahan dan bidang tugasnya masing-masing;
  6. Memeriksa hasil kerja para bawahan dilingkungan Subbagian Umum Perlengkapan dan Keuanganguna penyempurnaan lebih lanjut;
  7. Menyiapkan bahan-bahan dalam rangka penyusunan kebijaksanaan, pedoman dan petunjuk teknis mengenai bidang, Umum Perlengkapan dan Keuangan;
  8. Menginventarisasi permasalahan yang perhubungan dengan bidang Umum Perlengkapan dan Keuangan dan menyiapkan bahan-bahan dalam rangka pemecahan masalah;
  9. Melakukan penyusunan formasi pegawai;
  10. Menyiapkan pengusulan bagi CPNS yang memenuhi persyaratan unt]uk mengikuti pra jabatan;
  11. Menyiapkan pengusulan pegawai yang akan mengikuti Ujian Dinas;
  12. Menyiapkan pengusulan pegawai untuk mendapatkan tanda penghargaan dan tanda jasa;
  13. Melakukan kegiatan yang berhubungan dengan jenjang jabatan dan kepangkatan;
  14. Menyiapkan dan melakukan pengangkatan dalam jabatan Eselon IV dilingkungan Dinas Perhubungan;
  15. Melakukan dan menyiapkan pengambilan Sumpah dan Pelantikan Jabatan yang menjadi kewenangan Dinas Perhubungan;
  16. Menyiapkan Tata Naskah yang berkaitan dengan serah terima jabatan;
  17. Melakukan urusan mutasi dan kenaikan pangkat pegawai;
  18. Menyelenggarakan pengolahan terhadap usul-usul mengenai urusan pemindahan dan penugasan Umum Perlengkapan dan Keuangan;
  19. Menyiapkan usul-usul pemberian kenaikan gaji berkala dan tunjangan bagi pegawai dalam lingkungan Dinas Perhubungan;
  20. Melakukan tata usaha pemberhentian pegawai bukan karna pensiun;
  21. Melakukan tata usaha pemberhentian karna pensiun normal, peremajaan, keuzuran, meninggal dan karena tewas;
  22. Melakukan dan menyiapkan daftar urut daftar (ranglist) pegawai;
  23. Melakukan pengangkatan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) menjadi pegawai Negeri Sipil (PNS);
  24. Kartu Pegawai (KARPEG);
  25. Melakukan pengurusan kearsipan tata naskah pegawai dari setiap pegawai;
  26. Mengevaluasi pelaksanaan tugas Subbagian Umum Perlengkapan dan Keuangan;
  27. Melakukan penyusunan laporan terhadap semua hasil pelaksanaan tugas dan kegiatan dibidang tugasnya ;
  28. Melakukan peningkatan disiplin pegawai;
  29. Menyiapkan dan melakukan peningkatan kesejahteraan pegawai;
  30. Melakukan penelitian administrasi dan pengurusan uang pesangon pindah;
  31. Menyiapkan dan membuat naskah yang berhubungan dengan cuti;
  32. Melakukan penelitian naskah pegawai dan mengumpulkan persyaratan untuk pengutusan dan penyelesaian sehubungan dengan hak-hak istri/suami dan anak-anak pegawai yang meninggal dunia;
  33. Menyiapkan tata naskah pegawai dan menyiapkan persyaratan yang diperlukan untuk pengurusan dan menyelesaikan hak-hak sesuai dengan ketentuan yang berlaku bagi ahli waris pegawai yang meninggal (anak, istri atau ayah dan ibu kandung pegawai yang bersangkutan apabila tidak punya anak istri);
  34. Meyiapkan usul biaya perjalanan menjelang pensiun (dalam masa MPP);
  35. Menyiapkan usul pemulangan ke daerah bagi yang baru dipensiunkan dan usul pemulangan janda pegawai yang meninggal dunia;
  36. Melakukan tata usaha dan pengurusan retribusi, taspen dan asuransi kesehatan pegawai;
  37. Melakukan pengurusan tunjangan cacat sesuai ketentuan yang berlaku;
  38. Membuat laporan pelaksanaan kegiatan Subbagian Umum Perlengkapan dan Keuangan sesuai dengan sumber data yang ada dan berdasarkan kegiatan yang telah dilakukan untuk dipergunakan sebagai bahan masukan bagi atasan; dan
  39. Menyusun rencana kebutuhan pembinaan/pengendalian dalam bidang Umum Perlengkapan dan Keuangan;
  40. Penyusunan perbendaharaan serta akuntansi dan tindak lanjut hasil laporan pemeriksaan;
  41. Menyusun rencana kebutuhan, melaksanakan pengadaan, penyimpanan dan penyaluran, pemeliharaan, penghapusan, pengendalian dan inventarisasi barang inventaris;
  42. Membagi tugas atau kegiatan kepada para bawahan di Umum Perlengkapan dan Keuangan dengan memberikan arahan baik secara tertulis maupun lisan sesuai dengan permasalahan dan bidang tugasnya masing-masing;
  43. Memeriksa, mengoreksi dan mengontrol hasil kerja para bawahan dilingkungan Subbagian Umum Perlengkapan dan Keuangan guna penyempurnaan lebih lanjut;
  44. Menghimpun dan mempelajari peraturan perundang-undangan, kebijakan teknis, pedoman dan petunjuk teknis, serta bahan-bahan lainnya yang berhubungan dengan Umum Perlengkapan dan Keuangan dan sebagai pedoman dan landasan kerja;
  45. Mencari, mengumpulkan, menghimpun dan mensistimilasikan, mengolah data dan informasi yang berhubungan dengan tugas Umum Perlengkapan dan Keuangan;
  46. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Sekretaris, baik secara tertulis maupun lisan sesuai bidang tugasnya dalam rangka kelancaran pelaksanaan tugas Sekretariat,
  47. Menyiapkan bahan sebagai masukan dalam penyusunan rencana kerja anggaran;
  48. Mengkoordinasikan penyusunan laporan realisasi semester dan prognosis tahun berjalan;
  49. Membantu atasan dalam mengkoordinasikan urusan perbendaharaan, pembukuan dan penyusunan neraca dinas;
  50. Membantu atasan dalam mengkoordinasikan pelaksanaan tugas dan tertib administrasi pertanggungjawaban keuangan dinas;
  51. Membantu atasan dalam mengkoordinasikan pelaksanaan akuntansi anggaran dinas;
  52. Melaksanakan verifikasi kelengkapan dokumen pencairan dana dan pertanggungjawaban penggunaan anggaran;
  53. Melaksanakan pembayaran kebutuhan pelaksanaan kegiatan pada Dinas; dan
  54. Melaksanakan tertib administrasi dan menyusun laporan pelaksanaan tugas/kegiatan Sub Bagian Keuangan dan perlengkapan.